programmer dekil

Rabu, 02 Mei 2012

Pengenalan Algoritma

Apa sih yang dimaksud dengan algoritma itu? Secara sederhana algoritma berarti solusi. Dalam hal pemrograman, adalah solusi yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan komputer. Algoritma dibuat dengan secara berurutan dengan tujuan agar komputer dapat mengerti dan mengeksekusi dengan baik. Untuk mempelajari algoritma dibutuhkan suatu kesabaran dan ketajaman dalam menyelesaikan kasus-kasus dalam algoritma mulai yang sederhana sampai yang rumit sekalipun.

Algoritma bersifat logis. Artinya algoritma disusun dengan menggunakan logika manusia dan kemudian diimplementasikan dengan bahasa pemrograman untuk dieksekusi oleh komputer. Penyusunan algoritma harus dibuat dengan pemikiran yang detail dari proses logika manusia.

Misalkan kita membayangkan secara logika sebuah kamar yang kosong. Kemudian kita isi kamar itu dengan lemari. Dan lemari itu kita isi dengan pakaian. Maka kita harus menyusun sebuah solusi dengan secara berurutan seperti :
  1. Membuka pintu kamar
  2. Memasukkan lemari ke dalam kamar
  3. Memasukkan pakaian yang akan dimasukkan lemari ke dalam kamar
  4. Membuka pintu lemari
  5. Memasukkan pakaian ke dalam lemari
  6. Menutup pintu lemari

Dalam membuat algoritma, segala sesuatu harus dipersiapkan dengan teliti. Dengan memepersiapkan ruang-ruang yang akan digunakan untuk memulai sebuah proses.

Ditulis Oleh : Unknown // 04.14
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Cobalah WAZZUB. Gratis dan Menguntungkan. Gak Ada Salahnya kan buat nyoba?! Klik Link di Bawah Untuk Daftar
Daftar WAZZUB Gratis Selamanya
Diberdayakan oleh Blogger.